Fungsi Kancing-kancing Kecil di Celana Jeans

0
1268

Di celana jeans yang biasa kamu pakai biasanya banyak terdapat elemen fungsional maupun aksesori  yang melekat di sekitarnya. Kancing di bagian paling depan yang berada tepat di atas celana sudah pasti berfungsi untuk membuka dan menutup celana. Tapi apakah kamu pernah memperhatikan, bahwa di celana jeans terdapat kancing-kancing kecil yang terletak di kantung bagian depan yang tak pernah difungsikan.

Banyak yang berpikir bahwa kancing-kancing ini hanyalah aksen untuk mempermanis model celana jeans saja. Siapa sangka jika kancing-kancing ini memiliki fungsinya sendiri!

Ternyata kancing kecil yang biasanya sering ditempatkan di ujung tiap kantung celana berbahan jeans memang tidak difungsikan sebagai kancing pada umumnya. Kancing kecil ini dinamakan “rivet”. Rivet sendiri dalam bahasa Indonesia adalah paku keling. Digunakan sebagai metode penyambungan paling sederhana yang juga diterapkan pada jembatan, bangunan, ketel, tangki, untuk kapal dan pesawat terbang.

Walau lebih umum ditemukan dalam penyambungan alat-alat berat, di dunia mode paku keling ini juga digunakan untuk menyambung beberapa material. Misalnya kulit untuk dibuat dompet, tas atau sepatu, dan tentu saja untuk bahan denim.

Untuk celana jeans, paku keling ini berfungsi untuk menyatukan material saku dengan material celana, agar bagian ujung saku tidak mudah sobek.

Fakta ini tentu saja berkaitan dengan asal usul celana jeans yang pada awalnya digunakan sebagai pakaian para pekerja tambang yang harus melakukan pekerjaan kasar yang membutuhkan pakaian dengan daya tahan yang kuat juga. Paku keling sebagai komponen kecil yang ditambah di celana jeans ini menjadi jawaban bagi keluhan pekerja tambang mengenai jahitan jeans yang seringkali terlepas.

Tentu saja di rancangan celana jeans era sekarang, rivet sudah tak lagi banyak ditemui karena celana jeans lebih sering digunakan untuk keperluan bergaya sehari-hari saja. Tapi tentu saja kamu masih sering melihat elemen paku keling ini di celana jeans kamu, terutama yang modelnya cukup vintage.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here