Tebing Breksi Jogja yang tepat untuk Melihat Sunrise

0
1061

Tebing Breksi yang merupakan bukti batu raksasa bernilai artistik, menjadi destinasi wisata yang kekinian. Selain bentuknya yang mengeskploitasi batu-batu vulkanik purba dari Gunung Api Purba Nglanggeran, lokasinya sangat indah untuk melihat sunrise dan sunset.

Sudah diteliti oleh para ahli geologi, onggokan batu Breksi  termasuk kategori batu purba yang memiliki usia ribuan tahun. Batu-batu raksasa yang tersisa memanjang dan meninggi dan memiliki warna khas, sebagian besar warna gelap. Ketika diperhatian, onggokan batu raksasa tersebut menyerupai bangunan, ada bangunan empat persegi panjang yang menyerupai istana batu.

tebing breksi. itjeher.com.
tebing breksi. itjeher.com.

Berbeda dengan Candi Borobudur dan Candi Prambanan yang telah menjadi objek wisata sejak puluhan tahun lalu, Tebing Breksi baru dibuka untuk umum pada tahun 2015. Lokasi tebing ini berada di area yang sama dengan Candi Ijo dan Candi Ratu Boko yang terletak di wilayah Sleman. Tepatnya di Desa Sambirejo Prambanan Sleman yang terletak 15 km dari Kota Yogyakarta.

Baca Juga :

Hasil Karya Seniman Indonesia di Brussels, Belgia

Merayakan Tubuh Perempuan Lewat Lukisan Paula Modersohn Becker

Dianggap sebagai tempat, warga sekitar tebing secara sukarela mengelolanya menjadi kawasan wisata. Tebing tersebut kemudian disulap menjadi destinasi liburan, tanpa mengubah kondisi geologis dan bentuk aslinya. Namun ada juga batu raksasa yang dipahat oleh seniman lokal dengan beragam gambar wayang dan ukiran lain.

tebing breksi. itjeher.com.
tebing breksi. itjeher.com.

Apabila kamu ingin menikmati matahari pagi (sunrise) selain mengenali batu purbanya, relawan “Lowo Ijo”, pengelola wisata desa telah siap menerima tamu dari pukul 05.00 WIB. Sangat mengasikkan karena pemandangan dari atas bukit batu langsung menerpa mentari. Sebaliknya jika menginginkan keindahan matahari menjelang petang (sunset), wisatawan harus bersiap di lokasi pukul 17.00 WIB.

Harga masuk kawasan wisata ini pun cukup terjangkau. Kamu hanya perlu membayar tiket parkir sepeda motor dua ribu Rupiah dan sumbangan sukarela, baik rombongan atau perseorangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here