Dunia komik di Galeri Nasional Indonesia

0
1189
Dunia Komik. itjeher.com.

Ada yang baru di Galeri Nasional Indonesia. Sejak tanggal 2 April 2018 hingga 18 April 2018, diadakan pameran bertajuk Dunia Komik yang bekerjasama dengan Yayasan Seni Rupa Indonesia (YRSI). Namun kali ini bukan hanya pameran biasa, namun sebuah ajang pencarian potensi dari para seniman kreatif yang ada di Indonesia, khususnya dalam kekaryaan seni rupa dalam bentuk komik.

Dengan tutur visual yang kuat, komik ini tidak memerlukan dialog sama sekali. Visual komik dalam panel yang dibuat dalam bentuk vertikal setinggi kurang lebih 2 meter ini begitu kuat menceritakan konflik horizontal yang pernah terjadi dalam sejarah masyarakat Indonesia.

Dunia Komik. itjeher.com.

BACA JUGA :

Kreasi Mural Antasari yang Memiliki Pesan Budaya

Pameran Yayoi Kusama Akan Hadir di Jakarta

Pameran ini menampilkan sekitar 129 karya dari 129 perupa yang diseleksi terlebih dahulu oleh dewan kurator yang terdiri dari kurator Jim Supangkat, Hikmat Darmawan, dan Iwan Gunawan.  Mereka telah memilih tiga lukisan terbaik sebagai juara dalam ajang yang bernama Gudang Garang Indonesia Art Awards 2018.

Pemenang Komikus Terbaik. itjeher.com.

Pemenang juara pertama adalah komikus Evelyn Ghozali dengan karyanya yang berjudul The Chair (media campuran di atas kertas, 2012). Karya ini merupakan komik yang menceritakan tentang perjalanan sebuah kursi yang melewati berbagai zaman. Selain Evelyn, Indonesia Art Award 2018 memilih Prabu Perdana sebagai juara kedua dan Patra Aditya terpilih juara ketiga. Tidak hanya menentukan tiga pemenang saja, tim dewan juri memberikan penghargaan kepada 13 seniman dan komikus dengan kategori spesial mention. Mereka adalah Bonni Rambatan, Fajar Nursyamsujati, Radhinal Indra, Prihatmoko Catur, Muhammad Misrad, Hafid Alibasyah, Putri Larasati, Abdulrahman Saleh, Kan Kelana, Mohammad Iqbal, Loyong Budi Harjo, Sunni Tresnadewi, dan Sandy Yudha.

Dunia Komik. itjeher.com.

Karya para seniman dan komikus yang berhasil lolos di tahap penjurian Indonesia Art Award 2018 bisa dikunjungi di Galeri Nasional Indonesia sampai tanggal 18 April2018.

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here