Siap – Siap Maraton Film Ghibli

0
743

Jepang selalu sukses menarik perhatian dunia lewat produksi film animasinya. Salah satu studio animasi yang paling terkenal adalah garapan Studio Ghibli yang selalu menghasilkan karya dengan unsur yang sederhana  sekaligus provokatif, kaya nilai, dan penuh imajinasi. Penggemarnya tersebar di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Usia studio Ghibli sudah tak muda lagi, studio ini lahir di tahun 1985 dari kolaborasi Hayao Miyazaki dan Isao Takahata sebagai animator, sutradara, penulis cerita, serta Toshio Suzuki sang produser. Nama Ghibli sendiri berasal dari nama panggilan orang Italia untuk menyebut pesawat-pesawat pengincar Sahara mereka di masa Perang Dunia II yang disebut sebagai ‘angin panas’ atau diserap dari kata ‘qibli’. Walaupun demikian, di ujung masa pensiunnya, Hayao Miyazaki pernah berkata bahwa nama Ghibli sendiri hanyalah sebuah nama yang tidak sengaja tercetus dari nama pesawat saja.

 

Foto: Instagram/ghibliworld

 

Memanjakan penggemar Studio Ghibli di Indonesia, Kaninga Pictures dan Hakuhodo DY media partners, dengan Studio Ghibli sebagai pemberi lisensi, bekerjasama dengan jaringan bioskop terbesar di Indonesia, Cinema 21 untuk memutar film-film terpopuler Studio Ghibli di 45 layar bioskop di 17 kota seluruh Indonesia.

Kaninga Pictures yang telah merilis film I Am Hope (2016), Terjebak Nostalgia (2016) dan Bangkit (2016) di Indonesia, memang telah gencar merealisasikan mimpi memutar film-film Ghibli ini sejak Agustus 2016. Saat itu, Kaninga Pictures berhasil mendatangkan Toshio Suzuki dalam pemutaran Spirited Away di Plataran Dharmawangsa.

 

Foto: Instagram/ghibliworld

 

Di Indonesia, film-film Studio Ghibli biasanya memang ditayangkan secara terbatas di kota tertentu atau hanya pada acara khusus seperti festival film dan pekan kebudayaan saja. Ini akan jadi kesempatan pertama untuk menonton film-film Ghibli di layar lebar secara maraton dari mulai bulan April hingga September 2017.

Film-film terlaris Studio Ghibli yang akan ditayangkan diantaranya Spirited Away yang dianugerahi gelar Film Animasi Terbaik di Academy Award tahun 2003, lalu My Neighbor Totoro, Ponyo on the Cliff by the Sea, Princess Mononoke, dan Howl’s Moving Castle. Bagi yang sudah tak sabar untuk hadir di salah satu atau bahkan mengikuti semua pemutaran filmnya, bisa langsung mengakses www.worldofghibli.id untuk membeli tiket secara online.

Foto: Instagram/ghibliworld

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here