Musisi Tanah Air dan Musisi Dunia Berkumpul di Prambanan Jazz Festival 2018

0
1916

Menonton musik jazz dengan pemandangan kemegahan Candi, menjadi pengalaman yang tidak terlupakan. Seperti yang dihadirkan oleh Prambanan Jazz Festival 2018 pada tanggal 17, 18 dan 19 Agustus 2018 kemarin, menampilkan banyak musisi dari Tanah Air dan Dunia yang bernyanyi di komplek wisata peninggalan nenek moyang leluhur kita yaitu Mahakarya Candi Prambanan dari pukul 2 siang hingga malam hari.

Tahun ini yang merupakan tahun keempat, mengusung tagline “Music, Experience & Masterpice”, sebuah tekad untuk menjadikan Prambanan Jazz Festival sebagai sebuah peristiwa tak terlupakan untuk semua kalangan pencinta musik tanah air dengan menyajikan pengalaman menikmati karya-karya masterpiece mahakarya musik dari maestro musik internasional dan tanah air.

Yang juga menjadi harapan dari Prambanan Jazz Festival kali ini adalah mampu menjadi ajang diplomasi budaya negara kita kepada masyarakat dunia, untuk mencapai dan mewujudkan industri budaya sebagai salah satu kekuatan baru dalam memperkuat “nation branding”.

Foto : instagram. itjeher.com.

BACA JUGA :

The Weeknd Akan Konser ke Bali

Konser Tanda Mata Glenn Fredly untuk Yovie Widianto

Berbeda dari edisi-edisi sebelumnya, tahun ini penonton disuguhi banyak kolaborasi antar musisi yang tentunya akan menyajikan sebuah konsep musik yang baru dan segar. Dari konsep pertunjukan sendiri lebih istimewa dari tahun kemarin, khususnya di panggung special show yang menggunakan tempat duduk tribun bertingkat dengan standing floor di depan stage, sehingga penonton lebih nyaman dalam menikmati jalannya konser pertunjukan.

Hampir semua pertunjukkan ramai penonton. Salah satunya adalah penampilan KahitRan, yaitu kolaborasi dengan satu konsep antara Band Kahitna dan RAN. Mereka semua performance dalam satu konsep dengan membawakan lagu-lagu hits Kahitna dan RAN. Begitu juga dengan Tohpati yang berkolaborasi dengan penyanyi asal Malaysia, Sheila Majid, Marcell dan Rio Febrian.

Di samping artis-artis di atas, masih banyak lagi deretan musisi yang meramaikan dua panggung utama, yaitu panggung Rorojonggrang sebagai panggung Special Show yang berada di area Lapangan Brahma dan panggung Hanoman sebagai panggung Festival Show yang berada di area Lapangan Wisnu. Antara lain, Indra Lesmana, Nano Tirto Big Band, HIVI!, Letto, Java Jive, Barasuara, Father and Son (Yovie Widianto dan Arsy), Rendy Pandugo, Jikustik, GIGI, Yura Yunita, Sierra Sutedja, The Rain, IWA K dan  Stars and Rabbit.

Sedangkan musisi dunia yang hadir adalah Diana Krall yang merupakan peraih dua penghargaan Grammy Awards kategori Best Jazz Vocal Performance pada tahun 1997 dan Best Jazz Vocal Album pada tahun 2002 serta Boyzone yang merupakan boyband asal Irlandia yang menjadi penampilan penutup acara Prambanan Jazz Festival 2018.

Menurut Anas Syahrul Alimi, Founder Prambanan Jazz sekaligus CEO Rajawali Indonesia Communication selaku promotor Prambanan Jazz Festival, mengatakan bahwa Prambanan Jazz Festival telah menjadi sebuah event pertunjukan musik yang wajib diapresiasi oleh sebagian besar penikmat musik tanah air, yang tidak hanya semata-mata menyajikan konser musik yang bagus bagi penggemar musik Indonesia dan luar negeri, tetapi juga memiliki kekuatan lokalitas yang bisa diapresiasi juga oleh penonton global.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here