Hari Film Nasional 2017

0
790

Banyak cara untuk melestarikan budaya Indonesia yang beragam ini. Tidak hanya melalui seni tari, upacara adat atau kain etnik tradisional, namun membangkitkan film nasional juga merupakan salah satu cara yang efektif. Film sejak awal kelahirannya telah disadari sebagai medium komunikasi yang paling kuat dalam mempengaruhi publik. Film tidak hanya berperan sebagai media ekspresi semata, tetapi komoditas negara dan produk budaya. Hal ini menjadi alasan Pemerintah membentuk Hari Film Nasional (HFN) yang jatuh pada tanggal 30 Maret. Selain dapat membangkitkan kembali film-film Indonesia juga sebagai wadah untuk mengapresiasi keberagaman peran yang dimiliki oleh film.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bersama Badan Ekonomi Kreatif dan Perum Perusahaan Film Negara, mengusung tema “ Merayakan Keberagaman Indonesia “ pada perayaan HFN kali ini. Tema tersebut diangkat untuk meningkatkan kembali posisi film sebagai seni budaya yang populer. “Membawa keragaman itu adalah sesuatu yang menarik. Keberagaman bukan hanya agama, suku dan sebagainya, tetapi tumbuhnya film-film lokal juga termasuk didalamnya. Semoga HFN bisa menjadi cikal bakal tumbuhnya industri film lokal, ujar Ketua Badan Perfilman Indonesia, Chand Parwez, pada saat acara jumpa pers HFN 2017 yang diadakan di Plaza Insan Berprestasi, Komplek Kemendikbud, Jakarta Selatan, pada tanggal 6 Maret 2017 lalu.

foto : instagram/harifilmnasional

Beberapa acara khusus diadakan untuk mendukung HFN, seperti diskusi film, workshop pengembangan perfilman hingga pemutaran film dan bioskop keliling. Berikut program yang masih akan berlangsung dan dapat dinikmati oleh semua kalangan.

Diskusi Film

Tema : “Sinema Nasional : Kebijakan Pemerintah dan Investasi Budaya”

Pembicara : Chirstophe Tardieu (President of CNC, France), Triawan Munaf (Kepala Bekraf), Hilmar Farid (Dirjen Kebudayaan), Sheila Timothy (Produser ), Alex Sihar (Badan Perfilman Indoensia)

Moderator : Nirwan Dewanto

Waktu : Kamis, 30 Maret 2017, Pukul 13:00 – 16:00 wib

Tempat : Perum PFN, Jalan Otista Raya No.125-127, Kp. Melayu, Jatinegara, Jakarta 13330

Penyelenggara : Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya

Diskusi Film

Tema : “Film Indonesia dalam Perspektif Lintas Bangsa”

Pembicara : Edwin (Sutradara), Hanung Bramantyo (Sutradara), Anggy Umbara (Sutradara), Riri Riza (Sutradara), Tito Imanda (Badan Perfilman Indonesia), Ahmad Mahendra (Kepala Subdirektorat Diplomasi Budaya Luar Negeri, Direktorat Warisan dan Budaya, Kemendikbud)  Moderator: Totot Indrarto

Waktu : Jumat, 31 Maret 2017, Pukul 14:00 – 17:00 wib

Tempat : Perum PFN, Jalan Otista Raya No.125-127, Kp. Melayu, Jatinegara, Jakarta 13330

Penyelenggara : Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya

Diskusi Film

Tema : “Perempuan di balik Layar Film Indonesia”

Pembicara : Titien Wattimena (Penulis Skenario), Nia Dinata (Produser dan Sutradara), Nan T. Achnas (Produser dan Sutradara), Amalia Trisna Sari (Sinematografer)

Moderator: Lola Amaria

Waktu : Sabtu, 1 April 2017, Pukul :  14:00 – 17:00 wib

Tempat : Perum PFN, Jalan Otista Raya No.125-127, Kp. Melayu, Jatinegara, Jakarta 13330

Penyelenggara : Direktorat Warisan dan Diplomasi Budaya

FILM & ART CELEBRATION (FILARTC)

FILARTC merupakan puncak acara HFN 2017 untuk merayakan keragaman Indonesia melalui film yang rencananya akan dihadirkan oleh Presiden Joko Widodo. Pada acara ini akan dipaparkan visi pengembangan film Indonesia sebagai seni budaya paling strategis untuk membangun dan mempertahankan keberagaman budaya Indonesia. Turut meramaikan FILARTC adalah asosiasi-asosiasi profesi perfilman, bazar terbuka yang akan menjajakan perlengkapan kamera, buku film, memorabilia film, pameran Sejarah Film Indonesia, pameran Make-up Effect Film, pameran dan workshop kostum film,  seni pertunjukan, tarian keragaman Indonesia dan lain sebagainya.  Selama acara akan ada panggung musik yang menyajikan penampilan soundtrack dari berbagai film nasional.

Waktu : 30 Maret  hingga 1 April 2017

Tempat : Perum PFN, Jalan Otista Raya No.125-127, Kp. Melayu, Jatinegara, Jakarta 13330

Penyelenggara : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaa, Kementerian Pariwisata, Badan Ekonomi Kreatif,Perusahaan Umum Produksi Film Negara

foto : instagram/harifilmnasional

Sumber  : www.harifilmnasional.id

Nonton Bareng film Kartini juga akan diselenggarakan oleh itjeher.com yang didukung oleh Ikatan Istri Dokter Indonesia (IIDI), pada tanggal 9 April 2017 di XXI Lippo Mall Kemang, pukul 12.00 wib. Untuk informasi lengkapnya bisa klik : http://www.itjeher.com/eventkomunitas/nonton-bareng-film-kartini/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here