Membangun Dunia Dalam Lukisan Oleh Labadiou Piko

0
1279

Bila kita melihat lukisan abstrak, kerapkali dianggap sebagai visual yang asing dan tidak bisa secara langsung mengartikan makna yang tersirat didalamnya. Seperti yang ditampilkan oleh pelukis muda tanah air, Labadiou Piko, pada pameran tunggal bertajuk ‘ Menumpuk Di Atas Hamparan’ di D Gallerie, Jakarta, tanggal 26 hingga 31 Juli 2017.

Lukisan Piko menggambarkan sejumlah unsur rupa yang riuh, sapuan goresan yang kuat dan bertenaga serta jalinan garis yang kusut dan padat. Beberapa bidang warna yang bertabrakan dan bertumpang tindih, terlihat tidak sedikitpun menyisakan ruang kosong. Namun ada juga yang justru menghadirkan sebaliknya. Seperti karya yang berjudul ‘ Persepsi Di Atas Putih’ terlihat lenggang dan sunyi. Seakan hanya ingin menampilkan formalisme simbolik ataupun mengarah pada sejumlah representasi.

Persepsi Di Atas Putih’

Seperti yang ditulis oleh kurator pameran, Chabib Duta Hapsoro, lukisan-lukisan Piko merupakan proyeksi atas ingatan yang berseliweran di dalam benak Piko yang mengendap dan bertumpuk-tumpuk setiap harinya. Dari sini bisa dipahami bahwa karyanya memiliki semacam narasi yang mencerminkan otoritas sang seniman dalam membangun “sebuah dunia di dalam lukisan”.  Ia juga menjelaskan bahwa Piko belajar melukis secara autodidak, sehingga tidak menggeluti praktiknya secara akademik. Di mana studi tentang bahasa bentuk dan anatomi tidak disentuh sama sekali olehnya. Piko terus saja menggambar dan melukis sampai menemukan kenyamanan, mencapai komposisi yang organis dan esensial bagi dirinya sendiri. Melukis dan menggambar baginya merupakan cara yang paling efisien, spontan dan terapeutik dalam mencurahkan isi pikiran yang tak terbahasakan.

Piko & Karyanya

Piko banyak bereksperimentasi dengan beberapa jenis material non konvensional seperti bitumen (sejenis pelingkut), aerosol selain arang, cat minyak dan cat akrilik. Kesemuanya hadir secara menumpuk dan menampakkan kualitas permukaan atau hamparan tertentu di atas lukisan. Untuk melihat karya-karyanya, kamu bisa mengunjungi D Gallerie, jalan Barito 1 no. 3 , Kebayoran Baru, Jakarta Selatan hingga hari ini tanggal 31 Juli 2017, atau lihat di instagramnya @iabadioupiko.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here