Sindang Barang, Kampung Budaya Sunda di Bogor

0
1428

Bosan dengan rutinitas kerja di kota, ingin menikmati udara segar dan pemandangan alam, namun tidak punya waktu banyak untuk liburan? Jangan khawatir. Hanya berjarak 8 KM dari kota Bogor, terdapat sebuah kampung budaya, yaitu Kampung Budaya Sindang Barang. Persisnya terletak di Jl. Endang Sumawijaya, RT. 02 / RW. 08, Sindang Barang, Dukuh Menteng,  Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor. Jalan menuju ke sini sudah baik dan cukup mudah diakses.

Yang menarik di sini adalah pementasan angklung gubrag dan juga lumbung padi di bagian depan. Angklung gubrag digunakan sebagai musik pengiring ritual kebudayaan Sunda ketika musim tanam dan panen padi.  Ukuran angklung gubrag lebih besar dari angklung pada umumnya dan bagian atas angklung dihias dengan kembang wiru. Menariknya lagi, angklung gubrag dimainkan oleh perempuan karena berhubungan dengan dewi kesuburan. Saat ini angklung gubrag tidak hanya dimainkan saat ritual, namun juga untuk penyambutan tamu seperti di Kampung Adat Sindang Barang.

Tidak hanya menawarkan atraksi angklung gubrag, Kampung Budaya Sindang barang juga memiliki penginapan dengan pemandangan alam yang indah. Persis di sekitar penginapan terdapat hamparan sawah dan jika cerah, dari sini terlihat Gunung Salak yang megah. Jika ingin menginap, sebaiknya melakukan reservasi terlebih dahulu.

Masih banyak atraksi di Sindang Barang seperti upacara adat Seren Taun, nandur, dan lainnya. Di sini juga menawarkan paket wisata yang variatif, seperti belajar angklung gubrag, belajar tari jaipong, sampai praktek menanam dan menumbuk padi. Jika tertarik mengunjungi Kampung Budaya Sindang Barang dan ingin mengetahui informasi lebih lanjut, bisa dilihat di website https://kp-sindangbarang.com/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here