Tips dari Ideku Handmade

0
584

Pelajaran melukis rasanya sudah ada sejak kita duduk di bangku taman kanak-kanak. Bagaimana kita berimajinasi membuat suatu karya, belajar mengenal warna hingga memegang kuas yang tepat, menjadi modal awal kita bisa membuat sebuah lukisan. Sama halnya dengan Martha Puri yang mendirikan rumah seni bernama Ideku Handmade, memiliki pengalaman yang sama. Dan kini, hobi dan kesenangannya dengan seni lukis membuat karyanya disukai banyak orang. Dengan berbagai workshop yang rutin dilakukan, ia membagikan ilmunya  dengan beragam kerajinan dan karya yang sangat menarik perhatian. Menurutnya, memang membuat sebuah gambar itu berawal dari bakat yang dimiliki seseorang, namun kini sebuah seni bisa terwujud dari seseorang yang tidak berjiwa seni sekalipun. Ingin tau caranya ? ikuti tips dari Martha Puri berikut ini.

  • Latihan Pegang Kuas

Setiap orang memiliki teknik yang berbeda-beda dalam memegang kuas. Sehingga perlu berlatih secara rutin agar mendapatkan posisi yang nyaman dan mendapatkan hasil yang diinginkan. Yang umum dilakukan adalah memegang kuas secara klasik, seperti memegang pena maupun pensil untuk menulis. Bedanya kamu sedang melukis, bukan menulis. Pegang bagian tertebal di atas ferrule (bagian pada kuas yang terbuat dari besi yang mengikat rambut kuas). Putar kuas dengan jari kamu untuk menemukan keseimbangan dan kenyamanan pegangan kamu. Latihlah dengan cara membuat tanda tangan terlebih dahulu, apabila sudah merasa nyaman, mulai melukis gambar yang sederhana, seperti garis atau bunga.

  • Buatlah sesuatu yang sederhana menjadi menarik

Hal ini menjadi tantangan, bagaimana cara membuat hal-hal yang sederhana menjadi lebih berarti. Atau bagaimana goresan kuas sederhana bisa membuat orang yang melihatnya menjadi happy. Contohnya dengan bantuan cat air berwarna, mencari inspirasi gambar yang unik atau menggunakan warna alam yang terdapat di sekitar seperti tanah, daun dan lain sebagainya.

  • Berinovasi

Kenapa sih harus berinovasi? Kenapa sih harus bikin sesuatu yang baru? inovasi penting banget bagi kita, khususnya yang sedang menjalankan sebuah bisnis (kecil maupun besar). Roda bisnis selalu berputar, mungkin tahun kemarin produk kita jadi ‘juaranya’ di segmen pasaran kita. Tapi belum tentu di tahun ini keadaan akan sama juga. Orang yang berbisnis sama seperti kita ada banyak sekali. Sehingga lalukan inovasi walaupun dengan benda yang lama tapi ada sentuhan barunya, sehingga tidak ketinggalan jaman atau agar konsumen tidak merasa bosan. Tidak bisa selamanya bergaya idealis untuk mempertahankan ide sendiri yang kadang suka tidak sesuai dengan apa maunya pasar.

Nah ! buat yang ingin mencoba berkreasi denga teknik lukis, ikut kegiatan “Kreasi Kimoni” yang diadakan oleh itjeher.com dan Ideku Handmade, pada tanggal 6 Oktober 2017. Daftar sekarang juga dan bisa membawa pulang kimono dengan hasil kreasi kamu sendiri.

Hubungi Fitri di nomor 0857.7709.1531

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here