Tips Membuat Cetak Blok Kayu

0
1348

Mencetak blok kayu atau block printing adalah teknik pemberian warna pada permukaan kain sesuai motif dengan menggunakan cetakan yang terbuat dari kayu atau logam tembaga dengan bagian motif yang menonjol. Seperti yang pernah dilakukan oleh galeri 2madison dengan membuat cetak blok kayu pada tas tangan yang unik. Berikut caranya :

  1. Siapkan material terlebih dahulu, seperti blok kayu yang sudah dibentuk sesuai keinginan. Misalnya bentuk bunga, daun dan lain sebagainya.
  2. Pilih permukaan kain yang sesuai. Misalnya dari bahan yang mudah menyerap cat tekstil seperti kain kanvas atau katun.
  3. Gunakan pewarna tekstil yang sifatnya lebih cemerlang dan warnanya tidak cepat pudar. Sebaiknya pewarna memiliki kandungan minyak 45,15 % yang bisa dikatakan baik dari aspek ketajaman warna, kerataaan warna, daya serap warna, sifat pegangan kain dan daya ketahanan luntur terhadap penyetrikaan.
  4. Celup kuas khusus yang berbentuk roll pada pewarna. Oleskan pada cetakan blok kayu lalu tempelkan blok kayu pada kain. Namun tidak ada salahnya mencobanya pada kertas putih terlebih dahulu sebelum pada kain.
  5. Susun gambar sesuai keinginan. Bisa dengan cara berbaris, menyebar atau tabrak motif.
  6. Kombinasikan warna yang serasi agar tampilan kain menjadi menarik.

Untuk mencoba kreasi ini, kamu bisa mencari informasi di galeri 2madison melalui www.2madison.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here