Cara Penggunaan Obat Tetes Mata yang Tepat

0
1092
Obat Tetes Mata. Itjeher.com

Saat mata terasa perih dan kemerahan, biasanya orang langsung menggunakan obat tetes mata untuk mengatasinya. Setelah menunggu beberapa saat, mata merah biasanya akan langsung hilang dan normal kembali.

Namun, sebelum menggunakan obat tetes, ada baiknya kamu mengetahui cara penggunaan dan kandungan di dalamnya terlebih dahulu.

Pada dasarnya, tetes mata yang dijual bebas terdiri dari dua jenis, yaitu tetes mata untuk kemerahan, dan produk tetes mata dengan air mata buatan. Jenis pertama digunakan untuk meringankan mata merah akibat hal ringan seperti asap, namun jenis yang satu ini tidak boleh digunakan terlalu sering karena dapat membuat iritasi. Sedangkan tetes mata dari air mata buatan digunakan untuk iritasi atau mata kering. Sebaiknya gunakan obat tetes sekali pakai, karena lebih higienis dan tidak mengandung pengawet kemasan.

BACA JUGA:

Inovasi Ekstensi Bulu Mata di Salon Itjeher

Cara Merawat Lensa Kontak Agar tidak Merusak Mata

Bulu Mata Jatuh, Apa Artinya?

Kandungan dasar obat tetes mata adalah salin atau air mengandung garam. Bahan pendukung atau tambahan dari masing-masing obat disesuaikan dengan tujuan penggunaan. Sebelum menggunakan, kamu harus mengecek kemasan botol, karena obat tetes mata harus dalam kondisi steril. Pastikan jangan sampai ujung botol atau kemasan menyentuh permukaan mata, karena mencegah masuknya bakteri ke dalam kemasan obat.

Jika kamu perlu menggunakan beberapa jenis obat tetes mata bersamaan, beri jeda waktu lima menit. Dan yang paling penting, ikuti anjuran pemakaian yang disarankan oleh dokter atau kemasan, karena penggunaan dosis obat tetes mata yang salah dapat membahayakan mata.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here