Fakta Kepintaran Hewan Peliharaan Anjing dan Kucing

0
1077
Binatang Peliharaan itjeher.com

Tertarik untuk memiliki hewan peliharaan antara anjing atau kucing, tapi belum punya pengalaman dengan keduanya? Mungkin dengan mempertimbangkan fakta ilmiah soal kepintaran dua hewan peliharaan ini, kamu bisa mendapat bayangan.

Keduanya memang terlihat lucu dan sering bertingkah menggemaskan. Sebagian orang lebih suka memelihara anjing karena dinilai lebih setia, tapi tak sedikit juga yang terpikat dengan kesombongan kucing.

Faktanya, sebuah riset dari Asosiasi Ilmu Psikologi dan Biologi oleh Suzana Herculano Houzel mendalami metode yang tepat untuk menghitung secara akurat jumlah neuron di dalam otak.

Anjing ternyata memiliki 530 juta neuron, dan kucing memiliki 250 neuron atau setengahnya dari anjing. Perbandingannya bisa dilihat dari manusia yang memiliki 16 miliar neuron.

Binatang Peliharaan itjeher.com

Semakin banyak jumlah neuron di dalam otak binatang, terutama di cerebral cortex nya, akan semakin menentukan kemampuan perkembangan mental dan cara hewan peliharaan memprediksi lingkungan berdasar apa yang dialami di masa lampau.

Sementara ukuran otak sama sekali tidak mempengaruhi kepintaran hewan. Misalnya saja otak beruang 10 kali lebih besar daripada kucing tapi jumlah neuronnya sama.

Pernyataan ini bisa jadi menyedihkan untuk pemilik kucing peliharaan, karena anjing terbukti bisa lebih melakukan hal-hal fleksibel dan lebih rumit daripada kucing. Tetap saja, baik anjing atau kucing, keduanya sama-sama lucu dan pantas dapat rasa sayang dari manusia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here