Hari Primata Indonesia 2018

0
1194

Mungkin tidak banyak masyarakat yang mengetahui bahwa di Indonesia merayakan Hari Primata Indonesia setiap tanggal 30 Januari. Tentunya hal ini dibuat untuk menyelamatkan lebih dari 80 % primata di Indonesia yang berada dalam kondisi terancam punah. Bahkan, dalam daftar “25 Primata Paling Terancam Punah di Dunia Periode 2014-2016” Indonesia mempunyai 3 wakil yaitu Tarsius Siau, Simakobu, dan Orangutan Sumatera. Tentunya ini bukan sebuah prestasi yang layak dibanggakan, karena ini justru mengindikasikan bahwa kita telah gagal melindungi kekayaan hayati negeri sendiri.

Sebagai salah satu negara penyandang gelar mega-biodiversity, Indonesia juga merupakan negara tropis yang mempunyai keanekaragaman jenis primata yang tinggi. Di seluruh kepulauan nusantara, kita dapat menjumpai lebih dari 40 jenis primata mulai dari kera besar seperti Orangutan Sumatera hingga salah satu primata terkecil di dunia yaitu Tarsius.

BACA JUGA :

Becak di Luar Negeri Hanya Untuk Pariwisata

Tangis Haru Susi Pudjiastuti Saat Diberikan Kejutan Ulang Tahun

Mobil Dua Muka Punya Pendahulu di Luar Negeri

Apa saja yang membuat primata-primata ini terancam punah? Ada banyak faktor, antara lain kerusakan habitat akibat alih fungsi lahan, perburuan, dan perdagangan.Tetapi, masalah yang sangat genting dan banyak terjadi di masyarakat saat ini adalah banyaknya orang yang membeli primata untuk kemudian dipelihara dan dikoleksi.

Hal ini yang membuat para pedagang terus memperjualbelikan primata karena mendapat keuntungan tinggi. Jika permintaan pasar terus mengalir, maka pedagang akan terus berusaha menjaga stok mereka dengan cara mengepul primata dari para pemburu yang menangkap langsung di alam.

Dan dalam rangka memperingati Hari Primata yang jatuh setiap tanggal 30 Januari 2017, PROFAUNA Indonesia mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama beraksi meningkatkan kepedulian terhadap kelestarian primata Indonesia dengan tema besar “Jangan Beli Primata”. ¬†Diharapkan dengan menyebar pesan ini di media sosial akan menyelamatkan salah satu kekayaan negeri kita ini.

Untuk turut serta melestarikan primata yang ada di Indonesia, bisa mengikuti akun instagram @bosfoundation yang banyak mengadakan kegiatan sosial untuk kebebasan ratusan Orangutan dan primata lainnya di Indonesia.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here