Bahaya Serbuan Iklan Diantara Tontonan Anak

0
111
Tontonan Anak itjeher.com

Banyak orang tua yang memilah tontonan anak dengan teliti, tapi luput memperhatikan iklan yang biasanya hadir di tengah-tengah tayangannya. Padahal iklan yang tanpa sengaja ditonton dan ditempatkan di program-program dengan rating tinggi punya dampak yang sangat besar pada anak.

Kehadiran tayangan iklan ini seharusnya lebih dimengerti. Kebanyakan anak berusia di bawah 8 tahun belum mengerti bahwa iklan ditujukan untuk menjual produk. Anak usia sekitar 6 tahun bahkan tidak bisa membedakan antara acara TV dan iklan, apalagi jika karakter animasinya ambil bagian dalam iklan tersebut.

Bahkan anak yang sudah lebih remaja saja masih butuh diingatkan soal tujuan iklan. Tak heran banyak orang tua yang kewalahan dengan permintaan barang-barang hingga jajanan dari anaknya. Kebanyakan bersumber dari iklan yang diputar berulang-ulang sampai masuk ke alam bawah sadarnya. Maka tidak jarang sesuatu yang awalnya tidak terpikir, jadi merasa sangat membutuhkan setelah menonton iklan.

BACA JUGA :

Membahas Komunikasi Anak dan Orang Tua di Digital Parenting

Aplikasi Aman untuk Gadget Anak

Tapi tentu saja sulit untuk meniadakan semua pesan dalam iklan yang kebetulan singgah di antara tontonan anak. TV bisa saja dimatikan, dan waktu menonton TV bisa dibatasi, tapi suara-suara dari iklan masih saja memberitakan barang-barang terbaru yang katanya perlu untuk dimiliki.

Tontonan Anak itjeher.com

Saat anak menonton iklan tersebut, segera jelaskan bahwa iklan memang dibuat untuk membuat orang membeli hal-hal yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan. Iklan juga seringkali membuat seseorang percaya bahwa hal-hal tidak terlalu penting tersebut bisa membuat bahagia. Ajari anak untuk memilih tontonan anak yang lebih baik, dan bertindak jadi konsumen yang pintar sejak dini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here