Kenapa Cincin Kawin Dipakai di Jari Manis? Ini Alasannya

0
561
Cincin Kawin. Itjeher.com

Ketika seseorang mengenakan cincin kawin di jari manis, pasti semua orang langsung bisa menebak kalau ia sudah memiliki pasangan. Ya, cincin yang dikenakan di jari manis ini sudah menjadi simbol seseorang telah diikat oleh pasangannya. Namun, tahukah kamu asal mula cincin pernikahan diletakkan di jari manis?

Ternyata, tradisi mengenakan cincin di jari manis seseorang ini adalah tradisi yang telah lama dilakukan orang-orang, dan berasal dari zaman Mesir kuno.

Para arkeolog telah menemukan bukti hieroglif, bahwa para perempuan atau pengantin wanita di masa itu (zaman Mesir kuno) menggunakan cincin kawin pada jari manis sebelah kiri.

Hieroglif sendiri adalah sistem penulisan yang digunakan di masa Mesir kuno, yang dikenal dengan nama hieroglifik (hieroglyphic) atau disebut pula (hierogylph). Hieroglyph merupakan istilah yang pertama kali digunakan oleh orang-orang Yunani pada 500 SM yang berasal dari kata hieros yang artinya suci, dan glypho yang artinya mengukir. Jadi orang Yunani menggunakan huruf serupa untuk menulis teks suci mereka.

Menurut ahli, orang Mesir yang memakai cincin kawin pertama kali digunakan sebagai sebuah simbol keabadian. Dengan cincin ini, mereka percaya adalah “saraf halus” yang menyalurkan energi dari jari manis tersebut ke jantung. Orang Yunani dan Romawi kuno juga menggunakan cincin di jari manis dengan alasan yang sama. Jantung dianggap sebagai pusat memompa darah yang juga merupakan pusat emosi manusia. Mereka percaya, vena cinta atau vena amoris menyalurkan energi dari jari manis menuju ke jantung.

Selain di Mesir kuno, di Denmark, Polandia, dan Kuba juga menggunakan cincin pernikahan mereka di jari manis tangan kanan. Dalam tradisi kuno, cincin nikah hanya digunakan oleh para wanita. Namun semenjak Perang Dunia II para suami juga mengenakan cincin di jari mereka untuk mengingatkan anak dan istri yang sedang mereka tinggalkan.

BACA JUGA:

Ngambek Seribu Bahasa Pada Pasangan Ternyata Berbahaya

Tips Keuangan Agar Tenang di Tanggal Tua

Novel Dilan 1991 yang Membuat Penasaran

Sekarang, tradisi cincin kawin ini telah mendunia dan menjadi budaya hampir di seluruh dunia. Walau begitu, banyak orang pula yang tidak memakai cincin kawin setiap harinya karena beragam alasan tertentu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here