Jangan Sembarang Unggah Foto Anak di Media Sosial

0
834
Jangan sembarang unggah foto anak di media sosial. Itjeher.com

Media sosial kini menjadi tempat dan jurnal pribadi seseorang. Tak sedikit orang yang mengunggah kegiatan sehari-hari mereka, hingga curhat panjang lebar. Banyak orang yang ingin memperlihatkan kegiatan mereka sehari-hari, termasuk mengunggah foto-foto anaknya.

Tingkah laku lucu dan menggemaskan yang biasa dilakukan anak kecil memang membuat orangtua tidak tahan jika tidak mengabadikan dan mengunggahnya di media sosial. Hal ini biasanya bertujuan agar orang lain juga melihat betapa menggemaskannya anak mereka. Namun ada pula yang ingin membuat jurnal tumbuh kembang anak, yang biasanya terlupakan begitu saja.

Tak ada yang salah jika kamu ingin mengunggah foto anak di media sosial. Namun, hal ini berarti kita membuka privasi si kecil untuk dilihat orang lain. Kita juga tidak tahu siapa saja yang dapat melihat foto-foto anak kita tersebut. Salah-salah, foto-foto ini bisa disalahgunakan orang seseorang yang tidak bertanggung jawab.

Apalagi jika kita secara tidak sengaja ikut menyertakan informasi-informasi penting tentang anak kita. Misalnya ketika ia sedang bermain di sekolah, dan tertangkap kamera nama sekolah si kecil berada. Bisa-bisa, ada orang yang bermaksud jahat yang dapat menyalahgunakan informasi tersebut.

BACA JUGA:

Detoks Media Sosial, Ampuh membuat Rasa Tenang dan Bahagia

Kamu Suka Pamer Kemesraan di Media Sosial?

Risiko Asap Rokok Bagi Ibu Hamil

Sebuah studi menemukan, 50 persen foto anak-anak yang dipamerkan di situs pedofilia adalah foto yang diambil di akun orangtuanya. Karena itu, sebaiknya jangan sembarang mengunggah foto si kecil apalagi ke ranah umum seperti media sosial. Jika kamu ingin membuat jurnal perkembangan si kecil, pastikan kamu membuat mode privasi pada akun media sosial tersebut, dan hanya orang-orang terdekat yang dapat melihatnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here