Berkenalan dengan Si Mata Biru dari Suku Lingon di Indonesia

0
1718

Kalau melihat orang bermata biru, biasanya kita mengenalnya dari masyarakat Eropa atau keturunan barat lainnya. Ternyata di Indonesia, ada keberadaan suku Lingon yang memiliki ciri khas mata sangat biru dan tinggal di dalam hutan Halmahera.

Meski Pulau Halmahera adalah salah satu pulau terbesar di Maluku, tidak banyak yang mengetahui keberadaan suku ini karena letaknya terpencil dan jarang terlihat oleh dunia luar. Suku Lingon bukanlah suku yang berasal dari ras Weddoid, Melanesia, Polinesia, ataupun Mongoloid seperti kebanyakan penduduk di Halmahera. Suku ini justru termasuk dalam ras kaukasoid, sehingga tampilan fisik mereka  menyerupai orang Eropa, yaitu bertubuh tinggi, kulit putih, rambut pirang, dan mata berwarna biru dan hijau.

BACA JUGA :

Nadia Purwoko Asal Bengkulu Raih Gelar Miss Grand Indonesia 2018

Tips Diet Usai Melahirkan Ala Khloe Kardashian

Konon beberapa ratus tahun yang lalu, ada sebuah kapal Eropa yang karam dan tenggelam di perairan Halmahera. Beberapa penumpang yang selamat dan terdampar di pulau ini kemudian menetap di pulau ini. Mereka menetap selama ratusan tahun, kemudian mulai membentuk kelompok suku sendiri.

Ada pula yang mengatakan bahwa orang suku Lingon sudah berbaur dengan suku-suku lain di Kepulauan Maluku dan menganut kepercayaan animisme serta dinamisme, seperti kepercayaan awal suku lain di Nusantara.

Ada dugaan bahwa suku Lingon sebenarnya sudah punah, meski belum ada penelitian yang bisa membuktikan hal tersebut. Untuk membuktikannya, kita harus berkunjung ke hutan Halmahera dan mencari keberadaan mereka. Penasaran ya….

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here