Gili Lawa Terbakar, Tidak Menganggu Habitat Hidup Komodo

0
422

Indonesia tengan dihebohkan dengan berita kebakaran yang terjadi di Pulau Gili Lawa Darat atau Gili Lawa. Pada tanggal 2 Agustus 2018 sekitar pukul 18.15 WITA,  kawasan wisata Taman Nasional Komodo, Pulau Flores, Provinsi Nusa Tenggara Timur ini sekitar 18 hingga 20 hektar lahan terbakar.

Dilansir dari berbagai sumber bahwa kebakaran terjadi karena adanya aktivitas dari wisatawan lokal yang tengah melakukan sesi foto pre-wedding dengan membakar kembang api. Selain itu, asumsi lainnya pun beredar, bahkan ada yang mengatakan bahwa  penyebab dari kebakaran kawasan Hutan Gililawa itu, diduga akibat puntung rokok yang dibuang oleh pengunjung yang berwisata di daerah itu.

BACA JUGA :

Berlibur ke Bali, Begini Gaya Chrissy Teigen dan Keluarga

Gunakan Bahan Alami yang Ramah Lingkungan untuk Membersihkan Rumah

Adanya bencana ini, Kepala Taman Nasional Komodo Budi Kurniawan, mengatakan kebakaran tersebut  tidak mengganggu habitat hidup “the komodo dragon” (varanus komodoensis). “Kebakaran lahan itu tidak menggangu habitat hidup dari Komodo, karena memangnya berada di Gili Lawa yang merupakan kawasan wisatanya wisatawan,” katanya.

Namun, hal ini tentunya membuat wisatawan terganggu. Apalagi kawasan Gili Lawa terkenal dengan kawasan wisata Savananya, serta kawasan wisata lautnya yang sangat indah serta menjadi spot untuk menikmati sunset dan sunrise.

Penulis : Rani Ayu Utami

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here