Perhatikan Ini Sebelum Unggah Foto Anak ke Media Sosial

0
545

Tingkah laku si kecil yang menggemaskan memang membuat para orangtua tak tahan untuk mengabadikannya dan mengunggah ke media sosial. Apalagi ketika kamu menjadi orangtua baru, hal tersebut telah menjadi sebuah budaya yang lumrah terlihat di dunia digital.

Apalagi ketika para artis dan selebgram juga ramai mengunggah kelucuan putra-putri mereka, hingga membuat akun khusus. Hal ini kemudian menjadi sebuah tren di media sosial, hingga terlihat aneh jika ada orangtua yang tidak sering mengunggah foto anaknya di media sosial.

BACA JUGA:

Kylie Jenner Menghapus Semua Foto Stormi dari Media Sosial

Hailey Baldwin Resmi jadi Hailey Bieber

Walau terlihat sepele, ternyata ada beberapa bahaya yang bisa mengintai si kecil ketika sang orangtua rajin mengunggah foto dan video di media sosial. Di antaranya adalah bahaya para penderita paedofil hingga risiko penculikan pada anak.

Karena itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum mengunggah video dan foto si kecil ke media sosial. Apa saja?

Jangan beri tahu identitas dan rutinitas

Ketika kita mengunggah foto anak, usahakan agar tidak memperlihatkan identitas dan rutinitas yang biasa dilakukan. Misalnya, hindari mencantumkan lokasi rumah, sekolah, atau tempat-tempat yang biasa didatangi si kecil secara rutin.

Hindari foto minim busana

Melihat si kecil dengan baju renang pasti amat menggemaskan bukan? Namun hal tersebut harus lebih hati-hati apalagi ketika diunggah di media sosial. Foto si kecil bisa dijadikan objek seksual yang tentunya merupakan mimpi buruk bagi para orangtua.

Minta ijin si kecil

Jika si anak sudah bisa diminta berdiskusi dan berpendapat, amat penting untuk meminta ijin kepada dirinya sebelum mengunggah foto di medsos. Bahkan menurut para ahli, dari kecil anak sudah memiliki hak untuk tidak diekspos di media sosial orangtua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here