Darurat Polusi Udara Diatasi dengan Hujan Buatan

0
339
Foto : Pixabay itjeher.com
Foto : Pixabay itjeher.com

Untuk negara yang selalu disirami hujan seperti Indonesia, teknologi hujan buatan mungkin tak pernah terpikir sebelumnya. Namun teknik ini ternyata dianggap cukup efektif untuk mengatasi masalah pencemaran lingkungan alam dalam hal ini udara.

Teknik modifikasi ini baru saja digunakan oleh ibukota Thailand yaitu Bangkok baru-baru ini. Air akan turun setelah pesawat penghasil hujan berhasil menyemai awan.

Rupanya polusi udara telah akut menyelimuti Bangkok beberapa pecan terakhir. Bahkan menurut Greenpeace, Bangkok termasuk 10 besar kota yang udaranya paling tercemar di seluruh dunia.

BACA JUGA :

JYP Entertainment Luncurkan Grup Baru, Itzy

Menyedihkan memang, apalagi bagi sesama negara Asia Tenggara kota ini termasuk tujuan wisata belanja yang selalu dipenuhi pelancong Indonesia.

Sayangnya jumlah kendaraan yang tak terbendung di jantung kotanya telah berkontribusi dalam menghasilkan kabut asap. Belum lagi pembakaran lading oleh petani hingga polutan dari pabrik.

Karena polusi udara yang cukup parah ini, beberapa sekolah bahkan dipaksa untuk ditutup. Selain itu penggunaan masker juga meningkat drastic.

Hujan buatan memang bukan solusi selamanya. Jangan sampai masyarakat Indonesia menunggu darurat polusi dahulu baru sadar untuk menjaga kebersihan lingkungan. Selain manajemen kualitas udara yang lebih cerdas dari pemerintah, masyarakat juga bisa mulai membantu dengan sadar akan hidup yang lebih bersih dan mencintai lingkungan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here