Kuliah Sambil Kerja ? Kenapa Tidak

0
979

Ada banyak pandangan mengenai kuliah sambil kerja paruh waktu (part time)  di Indonesia. Mereka yang mendukung, cukup positif dan optimis terhadap pengembangan diri siswa yang dituntut mengemban tanggung jawab lebih disamping melakukan kewajiban sebagai pelajar. Sementara mereka yang kontra, memandang pekerjaan part time dapat mengganggu waktu atau konsentrasi belajar dari siswa yang seharusnya fokus pada kewajiban utamanya.

Disebut pekerja paruh waktu  apabila bekerja kurang dari 30-35 jam per minggunya. Umumnya, pekerjannya bersifat sementara dan berlangsung selama periode tertentu yang ditentukan perusahaan. Sedangkan Pekerja full time biasanya bekerja selama sekitar delapan jam dalam satu hari atau satu kali shift.

BACA JUGA :

Mengenal Anxiety Disorder, Gangguan Kecemasan di Kalangan Remaja

5 Manfaat E-Payment di Indonesia

Hingga saat ini memang belum ada aturan terperinci dari pemerintah Indonesia yang mengatur tentang seluk beluk pekerja paruh waktu. Namun terdapat undang-undang yang berhubungan dengan ketenagakerjaan yang ada di Indoneia. Antara lain, undang-undang No. 13 Tahun 2003 yang mengatur mengenai pekerja anak. Mulai dari batas usia diperbolehkan kerja, siapa yang tergolong anak, pengupahan dan perlidungan bagi pekerja anak.

Selain itu ada undang-undang No. 20 Tahun 1999 (Ratifikasi Konvensi ILO No. 138 Tahun 1973) mengenai batas usia minimum diperbolehkan bekerja. Undang-Undang ini mengatur dengan jelas tentang umur minimum seseorang untuk bekerja. Umur minimum tidak boleh 15 tahun.

Pekerja Part Time
Pekerja Part Time

Nah ! buat kamu yang sudah melewati batas minimum, tidak ada larangan untuk bekerja paruh waktu sambil mengisi waktu kosong pada saat menunggu kuliah. Berikut kiat yang mudah bisa kamu lakukan :

  • Manfaatkan Networking

Jika kita memiliki jaringan pertemanan yang baik, akan menjadi peluang yang bisa dimanfaatkan. Salah satunya sebagai sumber informasi tentang pekerjan yang akan kamu ambil atau bagaimana agar kinerja kamu dapat diterima di perusahaan tempat kamu bekerja.

  • Rajin membuka Situs Khusus Lowongan Pekerjaan

Tersedia cukup banyak situs khusus lowongan pekerjaan yang menyediakan ribuan informasi, baik full-time maupun part-time. Ada juga beberapa situs pekerjaan yang memberikan informasi lowongan kerja untuk mahasiswa.

  • Ajukan Lamaran Pekerjaan pada saat Liburan

Beberapa jenis bisnis seperti restoran, perusahaan marketing, bisnis kecil, dan agensi biasanya membutuhkan pekerja part-time untuk bekerja saat musim liburan, Akan banyak peluang pekerjaan yang dapat dimanfaatkan saat itu.

  • Fleksibilitas Waktu

Selama musim liburan, banyak perusahaan yang memberlakukan waktu ekstra untuk mencapai target bisnis. Jika kita memasarkan diri sebagai pekerja yang fleksibel dengan waktu, maka akan meningkatkan peluang kamu untuk diterima sebagai pekerja part-time.

  • Buktikan Kamu Serius

Ketika melamar pekerjaan part-time, jangan lupa untuk terus menanyakan mengenai peluang kamu bekerja di perusahaan tersebut. Kurang lebih 7 hingga 10 hari setelah mengirimkan lamaran. Hal ini akan menunjukkan bahwa kita benar-benar tertarik dan serius bekerja disana.

Penulis : Sarah Priscilla

.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here